Teroeskan membina TARBIJAH ISLAMIJAH ini sesoeai dengan peladjaran jangkoe berikan ____Syech Soelaiman Arrasoeli

Selasa, 01 Desember 2015

Fashah Mutakallim


[ Fashah Mutakallim ]
Hasil gambar untuk KITAB KUNING

وذي الكلام صفة بها يطيق  تأدية المقصود باللفظ الأنيق
Artinya :

          “ Fashahah mutakaliim yaitu sifat yang melekat bagi mutakallim yang dengan sifat itu, ia dapat menyampaikan maksudnya dengan ucapan yang fashahah ( baik)”.

Penjelasan :

Kajian kali ini, masih berhubungan dengan pembahasan fashahah, yakni ketika fashahah menjadi sifat bagi mutakallim.
Pembahasan ini adalah pembahasan terakhir tentang fashahah sebelum masuk pada pembahasan balagah.
Dalam berbagai reverensi ilmu balagah, banyak ditemukan berbagai bentuk dari defenisi balagah. Paling tidaknya ada dua reverensi yang akan dipaparkan disini.

Pertama, defenisi fashahah mutakallim menurut imam Abdurrahman al-Akhdhari. Dengan lantunan syairnya, beliau menguraikan bahwa fashahahmutakallim adalah وذي الكلام صفة بها يطيق  تأدية المقصود باللفظ الأنيق  
“ Fashahah mutakaliim yaitu sifat yang melekat bagi mutakallim yang dengan sifat itu, ia dapat menyampaikan maksudnya dengan ucapan yang fashahah ( baik)”.

Kedua, defenisi yang diutarakan oleh imam as-Sayuti dalam kitab ‘Uqudul Juman. Fashah mutakallim adalah kemampuan yang dimiliki seseorang, dengan kemamampuan tersebut, seseorang sanggup untuk mengucapkan lafaz yang fashahah (فصاحة المتكلم هو ملكة يقتدر بها على التعبير عن المقصود بلفظ فصيح).
Secara makna kedua defenisi diatas mempunyai sisi kesamaan pada makna, walaupun lafaz kedua defenisi diatas sangat berbeda.
Inti dari pemahaman fashahah Mutakallim adalah bahwa ada satu kemampuan yang terdapat didalam diri seseorang untuk mengungkapkan isi hatinya dengan menggunakan lafaz yang fashah.
Jadi, fokus utama dalam pembahasan ini adalah sifat kemampuan yang terdapat dalam diri seseorang. Karna, walaupun seseorang tersebut tidak bicara misalkan, namun ia mempunyai sifat kemampuan tersebut, maka ia masih bisa dikatakan sebagai mutakallim yang fashahah.
Imam as-Sayuti didalam kitab Uqudul Juman menambah keterangan bahwa yang dimaksud dengan kemampuan (الملكة) disini ialah sifat yang tertancap didalam diri seseorang ( الملكة هيئة راسخة  فى النفس ).
Dengan berakhirnya pembahasan fashahah mutakallim ini, maka berakhir pula pembahasan kita tentang fashahah.

Wallahu’alam….

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Definition List