Teroeskan membina TARBIJAH ISLAMIJAH ini sesoeai dengan peladjaran jangkoe berikan ____Syech Soelaiman Arrasoeli

Jumat, 18 Maret 2016

4 tokoh ulama Minangkabau


 
Mengenal 4 tokoh ulama Minangkabau 

Alam minangkabau adalah alamnya para ulama. Di berbagai nagari dan daerah, bertebaran surau-surau yang selalu mengajarkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan keIslaman. Berikut ini, kita akan mengenal empat tokoh ulama yang sangat berpengaruh di Minangkabau. Selain itu, keempat tokoh ini juga merupakan tokoh-tokoh awal bagi berdirinya organisasi Persatuan Tarbiyah Islamiyah.

Pertama, Syekh Sulaiman arrasuli. Beliau lahir pada tahun 1871 dilingkungan keluarga yang religius. Ayah beliau bernama Syekh Muhammad Rasul, seorang tokoh agama terkena yang digelari dengan Angku Mudo Pakan Kamis.

Pada masa kecilnya, Syekh Sulaiman (Inyiak Canduang)  belajar dengan beberapa ulama terkemuka  Sumatra Barat. Diantaranya dengan Syekh Muhammad Arsyad Batu Hampar, Syekh Tuanku Sami’ Biaro, Tuanku Kolok, Abdussalam Banuhampu.

Setelah mengikuti pengajian di tanah Minang, Syekh Sulaiman melanjutkan pendidikannya ke tanah Haram. Disanalah, beliau belajar dengan Syekh Muhammad Khatib al-Minangkabawi dan bertemu dengan beberapa teman dari tanah air Indonesia. Salah satunya dengan Mbah Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdhatul Ulama. Sepulang dari tanah Suci, beliau mengambdikan dirinya untuk masyarakat hingga akhir hayat. Beliau meninggal pada tahun1970.

Kedua, syekh Abdul Wahid ash-Shalihi tabek gadang. Beliau lahir pada tahun 1878 di kampung Padang Japang, Suliki, Payakumbuh. Ayah beliau bernama Syekh Muhammad Shalih Padang Kandis.

Sewaktu kecil, beliau belajar pada orang tua beliau sendiri dan beberapa tokoh ulama yang berada di Tanah Minang. Antara guru-guru beliau adalah Syekh Imran Limbukan, Payakumbuh, Syekh Muhammad Thahir Sungayang, dan Syekh Saad Mungka.

MTI Tabek Gadang adalah salah satu saksi bisu atas pengabdian beliau kepada masyarakat dengan cara mengembangkan ilmu agama. Beliau wafat pada tahun 1950 dan dimakamkan di Tabek Godang, Payakumbuh.

Ketiga, Syekh Muhammad Jamil Jaho. Beliau lahir di daerah Jaho, Padang Panjang, pada tahun 1875. Ayah beliau adalah Datuak Garang dari nagari Tambangan dan Ibu beliau adalah Umbuik, seorang perempuan yang sangat disegani masyarakat waktu itu. Semasa kecilny, Syekh Jaho belajar al-Quran dengan ayahnya sendiri hingga hafal al-Quran.

Setelah itu, beliau lalu belajar kitab kuniang dengan beberapa ulama. Beberapa guru syekh Muhammad Jamil Jaho ialah Syekh al-Jufri, Syekh al-Ayyubi, Syekh Abdullah Halaban, Syekh Ahmad Khatib, Syekh Abdul Karim Amrullah dan lain-lain.

Seperti yang dilakukan guru dan teman-teman beliau, sepulang di Mekah Syekh Muhammad Jamil mengabdi mengembangkan ilmu pengetahuan. Dan beliau wafat pada tahun 1945.

Keempat, Syekh Zakariya al-Anshari. Beliau lahir pada tahun 1908 di Padang Lawas, Malalo. Nama kecil beliau adalah Buyuang, sehingga dikalangan masyarakat beliau dikenal dengan panggilan “Buyuang Malalo”.

Beliau terbilang anak yang rajin menuntut ilmu agama. Surau MTI Jaho merupakan tempat beliau menuntut ilmu dimasa muda. Semua macam bidang ilmu agama beliau pelajari langsung dengan Syekh Muhammad Jamil Jaho.

Selain itu, beliau juga belajar dengan Syekh Ja’far Pulau Gadang, pemuka ajaran Thariqah Naqsyabandiyah. Syekh Zakariyya meninggal pada tahun 1973. Dan dimakamkan di Malalo, Padang Panjang Sumatra Barat.

@Surau Buya Amran…

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Definition List